Segudang Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan Tubuh

Dampak buruk dari sinar matahari akhir-akhir ini nampaknya membuat banyak orang lebih berhati-hati terhadapnya. Pancaran sinar ultraviolet dari matahari memaksa beberapa orang lebih memilih diam di dalam ruangan tertutup daripada melakukan aktivitas di luar ruangan.
Sinar matahari tidak selalu memberikan efek buruk bagi manusia, bahkan sebenarnya adanya sinar matahari memberikan manfaat bagi kehidupan dan kesehatan di dunia ini. Kehadirannya sangat dibutuhkan manusia dan seluruh makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan sebatang pohon yang tak bernyawa pun membutuhkan cahaya matahari. Sungguh luar bisa, kehadirannya benar-benar memberi kehangatan alami dan mecerahkan bagi seluruh dunia.
Namun, meskipun demikian para ahli mengingatkan bahwa terkena paparan sinar matahari yang berlebihan juga tidak baik karena bisa membuat kerusakan mata, melanoma dan kanker kulit.
"Pagi hari waktu yang tepat untuk berjemur"
Ada waktu-waktu tertentu yang bisa kita manfaatkan dari adanya sinar matahari. Waktu pagi hari saat matahari mulai menampakkan dirinya hingga menjelang siang sekitar jam 09.00 wib merupakan waktu yang tepat untuk kita manfaatkan paparan sinar matahari.
Untuk memperoleh beberapa manfaat kesehatan dari sinar matahari anda bisa berjemur selama beberapa saat di pagi hari. Waktu pagi hari adalah waktu yang terbaik untuk berjemur diri. Setelah lebih dari jam Sembilan pagi sebaiknya anda menghindari aktifitas berjemur di bawah sinar matahari. Karena antara pukul 10.00 sampai sekitar jam empat sore sinar ultraviolet dari matahari dapat merusak kulit dan bisa memicu kanker. Untuk itu berjemurlah hanya dipagi hari.
Baiklah mari kita kesampingkan dulu efek buruk dari sinar matahari. Bagaimana kalau kita bahas segudang manfaat yang bisa kita peroleh dengan gratis dari adanya sinar matahari. Di atas sudah disinggung kapan waktu terbaik untuk memperoleh manfaat dari sinar matahari untuk kesehatan, jadi tidak perlu takut asalkan kita memilih waktu yang tepat. Berikut ini manfaat sinar matahari untuk kesehatan :
1.Sinar matahari merangsang tubuh memproduksi vitamin D.
Vitamin D berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium di dalam usus dan mentransfer kalsium melintasi membaran sel, sehingga dapat menguatkan tulang. Vitamin D juga dapat memberikan perlindungan terhadap jenis kanker (seperti kanker paru-paru, prostat, dan kulit), osteoporosis, rakhitis, dan diabetes. Selain itu, vitamin D dapat membantu menurunkan kadar kolestrol darah sehingga membantu melawan penyakit jantung.
2.Sinar matahari dapat merangsang produksi hormon serotonin.
sebuah neurotransmitter di otak yang mengatur suasana hati. Tingkat serotonin yang cukup tinggi dapat menghasilkan suasana hati yang lebih positif dan cara berpikir yang tenang dengan mental yang fokus.
3.Sinar matahari dapat mengurangi gejala depresi
Sinar matahari dapat mengurangi gejala depresi dengan cara melepaskan endorfin. Endorfin adalah suatu anti-depresan alami yang dimiliki tubuh dan sangat berguna dalam kasus-kasus depresi musiman.
4.Sinar matahari dapat meningkatkan sirkulasi darah
Sinar matahari mampu meningkatkan sirkulasi darah dengan melebarkan pembuluh darah di kulit. Dengan begitu, nutrisi dan oksigen lebih banyak dibawa menuju sel-sel ketika pembuluh darah kapiler terbuka sehingga kesehatan pun menjadi lebih baik. Selain itu, jantung pun menjadi lebih sehat dengan menurunkan denyut nadi ketika beristirahat dan mengurangi tekanan darah.
5.Sinar matahari dapat memperbaiki kondisi kulit 
Berjemur dengan aman telah terbukti memperbaiki kondisi kulit kronis, seperti jerawat, eksim, dan psoriasis. Terpapar sinar matahari juga dapat menurunkan manifestasi dari tanda perengangan, bekas luka, dan ketidaksempurnaan kulit lainnya. Selain itu radiasi matahari juga efektif membunuh jamur yang tumbuh di lingkungan yang lembab dan membantu mengurangi infeksi jamur kulit.
6.Sinar matahari dapat menurunkan resiko kanker
Sintesis vitamin D, yang disebabkan oleh sinar matahari, dapat menurunkan risiko dari berbagai bentuk kanker seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker usus, dan kanker ovarium. Tetapi hati-hati, terlalu lama terpapar sianr matahari dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit.
7.Sinar matahari dapat mencegah diabetes
Sebuah studi baru menunjukkan bahwa dengan terpapar sinar matahari dan vitamin D yang cukup dapat mencegah diabetes tipe 1 pada anak-anak. Beberapa juga meyakini bahwa terpapar sinar matahari juga dapat menurunkan kadar gula darah dengan merangsang penyimpanan kadar gula didalam otot dan di hati.
8.Sinar matahari dapat menguatkan sistem kekebalan 
Sinar matahari dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh, karena ketika terpapar sinar matahari, tubuh menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang membantu menangkal infeksi dan berbagai penyakit akibat bakteri, jamur, dan virus.
9.Sinar matahari dapat mengurangi kadar racun dalam tubuh
Paparan sinar matahari juga dapat mengurangi kadar racun dalam tubuh dengan memperbaiki fungsi hati. Selain itu, sinar matahari juga meningkatkan sirkulasi darah, sehingga racun-racun tereliminasi lebih efisien melalui darah.
10.Sinar matahari dapat memperbaiki kualitas tidur
Dengan terpapar sinar matahari, produksi melatonin pun meningkat. Melatonin adalah suatu hormon yang diproduksi oleh kelenjar pinea-organ tubuh berukuran seperti kacang kecil yang ditemukan di dasar otak. Melatonin sangat dibutuhkan unutk kualitas tidur yang baik.
11.Sinar matahari dapat memperbaiki sistem pencernaan
Sinar matahari juga merupakan pengobatan terbaik untuk meningkatkan nafsu makan. Selain itu juga dapat memperbaiki sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme.
12.Sinar matahari dapat membuat tubuh lebih semangat
Orang dengan gangguan afektif musiman (SAD) dapat mengembangkan gejala depresi (seperti kehilangan minat pada kegiatan sehari-hari, merasa tidak memiliki tenaga atau kelelahan, dan kemurungan) pada musim dingin atau ketika sinar matahari kurang terpancar. Dengan mendapatkan paparan sinar matahari tubuh akan mengalami peningkatan sel darah merah untuk membawa oksigen ke tubuh. Sehingga tubuh akan jadi lebih bertenaga dan semangat.
Itulah tadi segudang manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari paparan sinar matahari secara gratis. Selain beberapa manfaat yang sudah disebutkan di atas, masih ada manfaat lain misalnya memperkuat kekebalan tubuh, membunuh mikroba, meringankan radang sendi, pembunuh bakteri dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat.  


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

ost
Obat Sakit Tradisional (OST) Updated at: 10:32 AM

0 komentar:

Post a Comment