Manfaat Ikan Gabus Untuk Menyembuhkan Luka Bakar

Luka bakar merupakan luka pada permukaan kulit yang terkena hal-hal yang bersifat panas. Misalnya luka bakar terkena minyak goreng panas, tersiram air panas, terkena knalpot panas atau pun terkena bara api. Luka bakar ringan umumnya akan membuat permukaan kulit terlihat memar kemerehan. Sedangkan luka bakar berat menjadikan kulit melepuh sampai gosong, kulit jadi berwarna hitam seperti di layaknya dibakar.

Jika anda mengalami luka bakar tingkat berat maka, anda harus memberikan perawatan lebih. Jika tidak anda akan mengalami proses penyembuhan luka yang cukup lama. Selain itu luka bakar tingkat berat harus selalu di rawat dan dibersihkan secara rutin. Karena permukaan kulit yang terkelupas akibat luka bakar berat rawan terkena berbagai kuman yang akan menginfeksi melalui luka tersebut.

Biasanya ada dua proses penyembuhan untuk mempercepat proses pengobatan dari luka bakar berat. Yaitu pengobatan dari luar dan pengobatan dari dalam tubuh.

Pengobatan dari luar tubuh

Pengobatan dari luar yaitu dengan merawat atau mengobati secara langsung pada area  kulit yang terkena luka bakar. Seperti mengoleskan salep khusus luka bakar, membersihkan kulit dengan dengan anti bakteri dan lain sebagainya.

Pengobatan dari dalam tubuh

Pengobatan luka bakar dari dalam tubuh yaitu dengan mengkonsumsi asupan makanan atau obat yang dapat membantu proses penyembuhan luka bakar dari dalam tubuh. Seperti minum obat yang diberikan oleh dokter, makan makanan bergizi, dan lain sebagainya.

Manfaat ikan gabus untuk penyembuhan luka dari dalam tubuh

Adapun untuk pengobatan dari dalam tubuh anda bisa mengkonsumsi ikan gabus. Ikan gabus biasa juga disebut dengan ikan kotes / iwak kotes atau ikan kutuk. Ikan ini biasa hidup di air tawar umumnya di sungai-sungai ataupun di rawa. Anda bisa membelinya di pasar ikan. Namun jika anda kesulitan untuk mendapatkannya anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk pil. Saat ini sudah banyak ikan gabus yang sudah diambil sari patinya untuk dijadikan pil atau kapsul. Jadi lebih simpel untuk dikonsumsi tanpa harus memasak atau mengolah ikan gabus.

Dengan memanfaatkan daging ikan gabus akan membantu proses penyembuhan luka bakar dari dalam tubuh. Sebab ikan gabus / ikan kutuk kaya akan kandungan albumin yaitu jenis protein yang bisa membantu dalam proses penyembukan luka. Selain itu kandungan albumin dalam ikan gabus juga bisa digunakan untuk membantu penyembuhan luka pasca operasi.

Diantara manfaat yang bisa kita dapatkan dari ikan gabus / ikan kutuk adalah membantu pertumbuhan dan pembentukan otot, mempercepat penyembuhan luka, mempercepat penyembuhan pasca operasi, meningkatkan daya tahan tubuh, membantu mengatasi pembengkakan di tubuh.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

ost
Obat Sakit Tradisional (OST) Updated at: 11:29 PM

0 komentar:

Post a Comment