Hindari 3 Kebiasaan Yang Salah Ini Saat Demam

Saat terkena demam biasanya kita akan merasa lelah, letih dan suhu tubuh meningkat. Demam merupakan bagian dari respon tubuh dalam mengatasi penyakit. Kadang kita juga akan merasa panik, terutama orang tua terhadap anaknya. Orang tua akan panik saat tahu anaknya mengalami demam, sehingga menggunakan segala cara agar sakit demam yang diderita anaknya cepat sembut.  

Namun, terkadang sifat mereka yang terlalu protect dan khawatir yang berlebihan dalam mensikapi hal ini malah menyebabkan demam tidak kunjung sembuh malah tambah parah. Berikut ini adalah 3 hal yang kebiasaan yang salah yang sebaiknya anda hindari saat demam :

1.Hindari Memakai Selimut Tebal Berlapis-Lapis
Salah satu hal yang sebaiknya anda hindari saat terkena demam adalah memakai baju berlapis hingga tidur memakai selimut tebal berlapis-lapis. Jika anda berpikir hal ini akan cepat menurunkan panas demam, anda salah. Sebaliknya panas demam akan semakin parah. Suhu tubuh anda akan semakin meningkat hingga berapa derajat celcius dari suhu normal tubuh. Akibatnya, saat panas pada suhu tubuh anda meningkat tajam maka badan akan terasa menggigil tidak tertahankan saat terkena udara. Percaya atau tidak…  terserah anda, tapi saya percaya karena saya juga pernah mengalaminya. Dan saya sadar bahwa ayah saya telah melakukan hal yang salah terhadap anaknya saat demam menyerang, mungkin sampai sekarang masih… tapi saya menolaknya karena saya tahu itu hal yang sebaiknya saya hindari saat saya demam.

Menggunakan baju berlapis dan selimut tebal secara bersamaan justru akan mempersulit kulit untuk melakukan pertukaran panas dengan udara segar. Sebaiknya gunakan baju atau kaos yang agak longgar, jika menggunakan selimut gunakan yang biasa saja tanpa harus berlapis-lapis. Biarkan suhu tubuh tetap terkena udara segar agar tubuh tetap bisa beradaptasi dengan udara secara alami.

2.Hindari Mengkompres Dengan Air Dingin
Mengkompres dengan air dingin saat demam juga merupakan kesalahan yang fatal. Mungkin setelah dikompres air dingin suhu tubuh akan turun. Tapi itu hanya sementara, sebaliknya setelah saat itu suhu tubuh akan meningkat dan justru akan membuat panas demam lebih tinggi setelahnya. Gunakan air hangat untuk mengkompres saat terjadi demam.

3.Mengkompres Hanya Di Bagian Kening
Kebiasaan yang salah selanjutnya adalah mengkompres hanya di bagian kening saja. Mengkompres dengan air dingin saja sudah salah apalagi mengkompres air dingin hanya di bagian kening saja, tentu salah kaprah. Saat mengalami demam seluruh suhu tubuh meningkat bukan hanya kening/jidatnya saja. Jadi kenapa hanya keningnya saja yang dikompres? Tentu ini tidak benar, sebaiknya kompres seluruh tubuh tentunya dengan air hangat. Anda bisa menggunakan kain bersih untuk melakukannya. Hangatkan seluruh permukaan kulit dengan cara menyeka / mengusapnya dengan kain yang dicelup di air hangat. Atau anda juga bisa berendam air hangat jika mau.


Itulah tadi kebiasaan-kebiasaan yang salah yang harus dihindari saat demam. Demam bukanlah sesuatu yang berbahaya. Akan tetapi kondisi setelah demam berlangsung lah yang harus anda waspadai/antisipasi karena kita belum tahu kondisi seperti apa setelah demam. Kita tahu saat demam sebenarnya tubuh kita sedang berusaha mengatasi penyakit seperti herpes/dompo, campak, demam berdarah, flu, batuk, pilek dan mungkin ada yang lainnya. Untuk lebih jelasnya silahkan hubungi dokter. Semoga bermanfaat terima kasih. 

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

ost
Obat Sakit Tradisional (OST) Updated at: 1:04 PM

0 komentar:

Post a Comment